TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Terlebih
dahulu Saya akan menjelaskan apa itu yang dimaksud dengan Jaringan Komunikasi.
Menurut Saya jaringan komunikasi adalah suatu program komputer yang mencakup
beberapa perangkat seperti server dan client yang saling berhubungan dan dapat
memberikan informasi yang berguna bagi perangkat lainnya karena memiliki tujuan
yang sama. . CPU yang ada dipusat disebut
sebagai server ataupun host komputer, dan terminal yang ada juga disebut
sebagai node ataupun simpul. Jaringan yang ada juga merupakan gabungan dari
unsur hardware dan software sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan. Jadi
apabila dikaitkan dengan kehidupan sosial masyarkat, jaringan komunikasi adalah
suatu system yang terkoordinir antar
individu dalam suatu kelompok dan setiap individu saling berinteraksi dengan
individu lainnya dalam mencapai suatu tujuan yang sama dalam memberi informasi
melalui berbagai teknologi seperti internet.
Komunikasi data, cepat atau lambat pada akhirnya akan
mengarah kesuatu sistem jaringan. Hubungan komunikasi data yang paling
sederhana adalah merupakan hubungan dari satu titik ketitik yang lain. Dalam
hal ini hanya melibatkan satu pemancar data kesatu penerima data. Apabila
hubungan ini dikembangkan dan akhirnya melibatkan penerima lainnya ataupun
pemacar lainnya, maka terbentuklah sebuah jaringan komunikasi data.
Pengertian jaringan disini dapat diartikan sebagai
suatu sistem yang terkordinir dan saling berhubungan yang terdiri atas beberapa
terminal ataupun PC ataupun mini-komputer dan mainframe yang bekerja sendiri-sendiri
tetapi dapat saling bertukar data ataupun saling memanfaatkan segala sumber
daya yang tersediaModel dasar komunikasi dapat juga menjadi dasar bagi diagram
yang menunjukan cara data dikomunikasikan melalui komputer. Jaringan komunikasi
data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari suatu titik ke
titik lain melalui peralatan listrik atau elektromagnetik, kabel serat optik
(fiber optic cables), atau sinyal gelombang mikro (microwave signals).
Istilah-istilah lain yang digunakan adalah teleprocessing, telekomunikasi,
telecom dan datacom.
Seperti halnya komunikasi antar manusia. Pesan komputer
harus bergerak melalui suatu saluran. Banyak teknologi digunakan dalam jaringan
komputer tetapi yang paling umum adalah sirkuit telephone yang sama seperti
yang digunakan dalam komunikasi suara. Satu sambungan telephone standar dapat
menyediakan 24 saluran.
Agar sirkuit telephone dapat digunakan untuk Jaringan
komputer. Peralatan khusus harus disertakan pada tiap ujung saluran. Alat ini
dinamakan modulasi-demodulasi (modem). Modem mengubah sinyal-sinyal elektronik
dari peralatan komputer (terminal dan komputer) menjadi sinyal-sinyal
elektronik dari sirkuit telephone dan sebaliknya.
Semua peralatan Jaringan komputer yang saling berhubungan
dikenal sebagai jaringan (network). Jaringan komputer dapat berupa jaringan
luas wide area network (WAN), jaringan setempat local area network (LAN) atau
kombinasi keduanya.
Wide area Network (WAN) meliputi area geografis yang luas dengan
beragam fasilitas komunikasi seperti jasa telephone jarak jauh, transmisi
satelit dam kabel bawah laut. WAN umumnya melibatkan host komputer dan
bersgsm jenis perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi. Contoh WAN adalah
jaringan perbankan antar daerah dan system pemesanan penerbangan. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . .
Local Area Network (LAN) meliputi area terbatas, namun perbedaan ini
mulai berubah dengan semakin meluasnya ruang lingkup cakupan LAN. LAN umumnya
menghubungkan hingga ratusan komputer mikro yang semuanya berlokasi di area
geografis yang relatif kecil, seperti suatu gedung atau beberapa gedung yang
berdekatan. Perusahaan tertarik pada LAN karena LAN memungkinkan beberapa
pemakai berbagi perangkat lunak, data dan peralatan.
KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI
Kemajuan teknologi digital yang dipadu dengan telekomunikasi telah membawa komputer memasuki masa-masa “revolusi”-nya. Di awal tahun 1970-an, teknologi PC atau Personal Computer mulai diperkenalkan sebagai alternatif pengganti mini computer. Dengan seperangkat komputer yang dapat ditaruh di meja kerja (desktop), seorang manajer atau teknisi dapat memperoleh data atau informasi yang telah diolah oleh komputer (dengan kecepatan yang hampir sama dengan kecepatan mini computer, bahkan mainframe). Kegunaan komputer di perusahaan tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi, namun lebih jauh untuk mendukung terjadinya proses kerja yang lebih efektif. Tidak seperti halnya pada era komputerisasi dimana komputer hanya menjadi “milik pribadi” Divisi EDP (Electronic Data Processing)
perusahaan, di era kedua ini setiap individu di organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan komputer, seperti untuk mengolah database, spreadsheet, maupun data processing (end-user computing). Pemakaian komputer di kalangan perusahaan semakin marak, terutama didukung dengan alam kompetisi yang telah berubah dari monompoli menjadi pasar bebas. Secara tidak langsung, perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi komputer sangat efisien dan efektif dibandingkan perusahaan yang sebagian prosesnya masih dikelola secara manual. Pada era inilah komputer memasuki babak barunya, yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi perusahaan, terutama yang bergerak di bidang pelayanan atau jasa. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Teori-teori
manajemen organisasi modern secara intensif mulai diperkenalkan di awal tahun
1980-an. Salah satu teori yang paling banyak dipelajari dan diterapkan adalah
mengenai manajemen perubahan (change management). Hampir di semua kerangka
teori manajemen perubahan ditekankan pentingnya teknologi informasi sebagai
salah satu komponen utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang ingin
menang dalam persaingan bisnis. Tidak seperti pada kedua era sebelumnya yang
lebih menekankan pada unsur teknologi, pada era manajemen perubahan ini yang
lebih ditekankan adalah sistem informasi, dimana komputer dan teknologi
informasi merupakan komponen dari sistem tersebut. Kunci dari keberhasilan
perusahaan di era tahun 1980-an ini adalah penciptaan dan penguasaan informasi
secara cepat dan akurat. Informasi di dalam perusahaan dianalogikan sebagai
darah dalam peredaran darah manusia yang harus selalu mengalir dengan teratur,
cepat, terus-menerus, ke tempat-tempat yang membutuhkannya (strategis).
Ditekankan oleh beberapa ahli manajemen, bahwa perusahaan yang menguasai
informasilah yang memiliki keunggulan kompetitif di dalam lingkungan makro
“regulated free market”. Di dalam periode ini, perubahan secara filosofis dari
perusahaan tradisional ke perusahaan modern terletak pada bagaimana manajemen
melihat kunci kinerja perusahaan. Organisasi tradisional melihat struktur
perusahaan sebagai kunci utama pengukuran kinerja, sehingga semuanya diukur
secara hirarkis berdasarkan divisi-divisi atau departemen. Dalam teori
organisasi modern, dimana persaingan bebas telah menyebabkan customers harus
pandai-pandai memilih produk yang beragam di pasaran, proses penciptaan produk
atau pelayanan (pemberian jasa) kepada pelanggan merupakan kunci utama kinerja
perusahaan. Keadaan ini sering diasosiasikan dengan istilah-istilah manajemen
seperti “market driven” atau “customer base company” yang pada intinya sama,
yaitu kinerja perusahaan akan dinilai dari kepuasan para pelanggannya. Sangat
jelas dalam format kompetisi yang baru ini, peranan komputer dan teknologi
informasi, yang digabungkan dengan komponen lain seperti proses, prosedur,
struktur organisasi, SDM, budaya perusahaan, manajemen, dan komponen terkait
lainnya, dalam membentuk sistem informasi yang baik, merupakan salah satu kunci
keberhasilan perusahaan secara strategis.
Tidak dapat
disangkal lagi bahwa kepuasan pelanggan terletak pada kualitas pelayanan. Pada
dasarnya, seorang pelanggan dalam memilih produk atau jasa yang dibutuhkannya,
akan mencari perusahaan yang menjual produk atau jasa tersebut: cheaper (lebih
murah), better (lebih baik), dan faster (lebih cepat). Disinilah peranan sistem
informasi sebagai komponen utama dalam memberikan keunggulan kompetitif
perusahaan. Oleh karena itu, kunci dari kinerja perusahaan adalah pada proses
yang terjadi baik di dalam perusahaan (back office) maupun yang langsung
bersinggungan dengan pelanggan (front office). Dengan memfokuskan diri pada
penciptaan proses (business process) yang efisien, efektif, dan terkontrol
dengan baiklah sebuah perusahaan akan memiliki kinerja yang handal. Tidak heran
bahwa di era tahun 1980-an sampai dengan awal tahun 1990-an terlihat banyak
sekali perusahaan yang melakukan BPR (BusinessProcess Reengineering),
re-strukturisasi, implementasi ISO-9000, implementasi TQM, instalasi dan pemakaian
sistem informasi korporat (SAP, Oracle, BAAN), dan lain sebagainya. Utilisasi
teknologi informasi terlihat sangat mendominasi dalam setiap program manajemen
perubahan yang dilakukan perusahaan-perusahaan
KEMAJUAN
GLOBALISASI INFORMASI
Belum banyak
buku yang secara eksplisit memasukkan era terakhir ini ke dalam sejarah evolusi
teknologi informasi. Fenomena yang terlihat adalah bahwa sejak pertengahan
tahun 1980-an, perkembangan dibidang teknologi informasi (komputer dan
telekomunikasi) sedemikian pesatnya, sehingga kalau digambarkan secara grafis,
kemajuan yang terjadi terlihat secara eksponensial. Ketika sebuah seminar
internasional mengenai internet diselenggarakan di San Fransisco pada tahun
1996, para praktisi teknologi informasi yang dahulu bekerja sama dalam
penelitian untuk memperkenalkan internet ke dunia industri pun secara jujur
mengaku bahwa mereka tidak pernah menduga perkembangan internet akan menjadi
seperti ini. Ibaratnya mereka melihat bahwa yang ditanam adalah benih pohon
ajaib, yang tiba-tiba membelah diri menjadi pohon raksasa yang tinggi
menjulang. Sulit untuk ditemukan teori yang dapat menjelaskan semua fenomena
yang terjadi sejak awal tahun 1990-an ini, namun fakta yang terjadi dapat
disimpulkan sebagai berikut: Tidak ada yang dapat menahan lajunya perkembangan
teknologi informasi. Keberadaannya telah menghilangkan garis-garis batas antar
negara dalam hal flow of information. Tidak ada negara yang mampu untuk
mencegah mengalirnya informasi dari atau ke luar negara lain, karena batasan
antara negara tidak dikenal dalam virtual world of computer. Penerapan
teknologi seperti LAN, WAN, GlobalNet, Intranet, Internet, Ekstranet, semakin
hari semakin merata dan membudaya di masyarakat. Terbukti sangat sulit untuk
menentukan perangkat hukum yang sesuai dan terbukti efektif untuk menangkal
segala hal yang berhubungan dengan penciptaan dan aliran informasi.
Perusahaan-perusahaan pun sudah tidak terikat pada batasan fisik lagi. Melalui
virtual world of computer, seseorang dapat mencari pelanggan di seluruh lapisan
masyarakat dunia yang terhubung dengan jaringan internet. Sulit untuk dihitung
besarnya uang atau investasi yang mengalir bebas melalui jaringan internet.
Transaksi-transaksi perdagangan dapat dengan mudah dilakukan di cyberspace
melalui electronic transaction dengan mempergunakan electronic money. Tidak
jarang perusahaan yang akhirnya harus mendefinisikan kembali visi dan misi
bisnisnya, terutama yang bergelut di bidang pemberian jasa. Kemudahan-kemudahan
yang ditawarkan perangkat canggih teknologi informasi telah merubah mindset
manajemen perusahaan sehingga tidak jarang terjadi perusahaan yang banting stir
menggeluti bidang lain. Bagi negara dunia ketiga atau yang sedang berkembang,
dilema mengenai pemanfaatan teknologi informasi amat terasa. Di suatu sisi banyak
perusahaan yang belum siap karena struktur budaya atau SDM-nya, sementara di
pihak lain investasi besar harus dikeluarkan untuk membeli perangkat teknologi
informasi. Tidak memiliki teknologi informasi, berarti tidak dapat bersaing
dengan perusahaan multi nasional lainnya, alias harus gulung tikar.
Hal terakhir
yang paling memusingkan kepala manajemen adalah kenyataan bahwa lingkungan
bisnis yang ada pada saat ini sedemikian seringnya berubah dan dinamis.
Perubahan yang terjadi tidak hanya sebagai dampak kompetisi yang sedemikian
ketat, namun karena adanya faktor-faktor external lain seperti politik
(demokrasi), ekonomi (krisis), sosial budaya (reformasi), yang secara tidak
langsung menghasilkan kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan baru yang
harus ditaati perusahaan. Secara operasional, tentu saja fenomena ini sangat
menyulitkan para praktisi teknologi informasi dalam menyusun sistemnya. Tidak
jarang di tengah-tengah konstruksi sistem informasi, terjadi perubahan
kebutuhan sehingga harus diadakan analisa ulang terhadap sistem yang akan
dibangun. Dengan mencermati keadaan ini, jelas terlihat kebutuhan baru akan
teknologi informasi yang cocok untuk perusahaan, yaitu teknologi yang mampu
adaptif terhadap perubahan. Para praktisi negara maju menjawab tantangan ini
dengan menghasilkan produk-produk aplikasi yang berbasis objek, seperti OOP
(Object Oriented Programming), OODBMS (Object Oriented Database Management
System), Object Technology, Distributed Object, dan lain sebagainya.
PENYEBAB
BERKEMBANGNYA TEKNOLOGI
Manusia adalah
makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian dan selalu bergantung dengan
sesamanya. Maka dari itulah, manusia disebut makhluk sosial. Tetapi ketika
manusia dihadapkan pada suatu kondisi yang mengharuskan dia sendiri, maka
manusia itu menjadi lemah.Dengan dasar pemikiran itulah manusia terus berusaha
dan berupaya agar bisa mempertahankan dirinya dan mencapai tujuannya. Salah
satunya dengan membuat kelompok dan mengembangkan teknologi untuk membantu
pekerjaan manusia agar mudah dilakukan.
Berikut beberapa penyebab berkembangannya teknologi:
a)
Keinginan manusia yang tidak terbatas.Hal ini mengakibatkan rasa tidak puas
dengan keadaan manusia yang sekarang,sehingga manusia ingin sesuatu yang lebih.
Untuk mendapatkan sesuatu yang lebih tersebut, maka dibutuhkan juga teknologi
penunjang kebutuhan tersebut. Contoh : perkembangan kendaraan,mulai dari
kendaraan tradisional hingga kendaraan modern seperti sekarang. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . .
b)
Sifat malas manusia.Sifat malas manusia ternyata membuat manusia terus berpikir
agar pekerjaannya bisa diselesaikan dengan mudah. Karenanya manusia pasti
membutuhkan bantuan. Jika setiap manusia membutuhkan bantuan orang lain,maka
sudah pasti tidak ada yang membantu karena mereka juga ingin menyelesaikan
pekerjaan mereka. Untuk itulah manusia membuat teknologi yang lebih maju yang
mampu membantu pekerjaan manusia. Contoh : penemuan remote yang berguna untuk
member perintah dari jauh sehingga manusia tidak perlu lagi berjalan untuk
mencapai alat yang digunakannya.
c)
Sifat manusia yang ingin serba praktis. Pemikiran ini muncul pada zaman
revolusi insutri,manusia pada zaman tersebut sudah menggunakan teknologi
sederhana yang membantu manusia dalam memproduksi barang-barang. Hingga sampai
saat ini teknologi tersebut sudah berkembang dan menjadi lebih canggih. Contoh
: perkembangan teknologi industri tekstil. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
d)
Meningkatnya pendidikan manusia. Manusia
sebagai makhluk hidup juga berkembang.Dengan berkembangannya teknologi,manusia
juga menggunakan teknologi tersebut untuk meningkatkan kualitas dirinya agar
mampu bertahan hidup. Dengan kepandaiannya,manusia juga mengembangkan
teknologi demi menunjangnya kehidupan mereka. Perkembangan kualitas manusia
berkaitan erat dengan perkembangan teknologi,hal ini menyebabkan simbiosis
mutualisme antara manusia dengan teknologi. Contoh : perkembangan teknologi
komputer.
e)
Pengunaan teknologi yang memperkecil pengeluaran manusia. Dengan adanya bantuan
teknologi, biaya pengeluaran suatu industry atau pabrik menjadi lebih kecil
daripada tetap menggunakan tenaga manusia dalam jumlah yang besar. Hal ini
kiranya yang membuat para produsen teknologi terus-menerus mengembangkan barang
temuannya untuk dijual ke perusahaan-perusahaan besar. Contoh :penggunaan mesin
pabrik percetakan.
Dampak kemajuan teknologi dalam kehidupan sosial :
1. Dampak
Positif : . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . .
a)
Manusia menjadi lebih mudah dalam mendapatkan informasi .
b)
Manusia lebih mudah dalam berkomunikasi dengan sesama tanpa perlu bertatap muka
.
c)
Mempermudah melakukan kegiatan dalam suatu kelompok atau organisasi .
d)
Mempermudah dalam membentuk suatu
kelompok .
e)
Meningkatkan rasa percaya diri dalam berkelompok.
2. Dampak
Negatif : . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . .
a)
Karena mudahnya membentuk suatu kelompok,hal ini juga mempermudah seseorang
untuk membentuk kelompok dengan tujuan yang merugikan orang lain.
b)
Lebih rentan terhadap hal-hal yang tabu seperti SARA, penghinaan terhadap suatu
golongan,penyerangan terhadap kelompok lain dalam dunia maya.
c)
Walaupun mempermudah dalam membentuk kelompok, kondisi di dalam kelompok
tersebut lebih mudah pecah daripada kelompok masyarakat biasa.
d)
Mempermudah anggotanya dalam melakukan penipuan berkedok investasi dalam suatu
kelompok .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .
Perkembangan Jaringan
Teknologi Komunikasi
Perkembangan teknologi kian
pesat. Dalam setiap hal yang dilakukan oleh manusia akan sangat berhubungan
dengan yang namanya teknologi. Perkembangant eknologi yang
signifikan menjadikan perubahan yang mulai merambah dalam tiap hal yang
dijajaki dan diperdalam oleh teknologi. Perkembangan komputer, sistem data,
dalam hardware dan software, hingga ke perkembangan komunikasi. Dengan perkembangan
demikian membuat manusia diharuskan beradaptasi dan menyesuaikan seiring dengan
perkembangan tersebut. Teknologi pun mewabah ke jaringan informasi yang ada,
sehingga menjadikan perkembangan komunikasi yang mengalami perubahan dalam
pemanfaatan teknologi. Tanpa disadari,perkembangan jaringan semakin maju
dan dirasakan mengalami perkembangan yang pesat . Dalam perkembangan teknologi
Indonesia, perkembangan teknologi dalam jaringan kian pesat dan sudah mulai
terkenal hingga melekat di hati pengguna. Semakin banyak yang harus dipahami,
semakin banyak yang harus diketahui dan banyak yang mengalami perubahan.
Perkembangan teknologi dalam jaringan sudah dijajaki oleh para produsen
ternama, bahkan sudah mengembangkan hingga memiliki jaringan tersendiri. Dengan
hal seperti ini, membuat persaingan di dunia komunikasi dan teknologi semakin
menarik. Tidak hanya itu, jaringan yang ada bahkan sudah bayak diakses dan
mulai dikenal orang banyak tanpa dengan adanya publikasi. . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . .
Jika pada 20 tahun yang lalu,telepon genggam
masih barang yang mewah dan usaha wartel masih sangat “laku”,pada zaman
sekarang justru sudah sangat berubah.Handphone atau telepon genggam
bukan lagi barang mewah yang hanya segelintir orang yang mampu
memilikinya.Sekarang handphone dapat dikatakan adalah alat
telekomunikasi yang wajib dimiliki setiap orang.Dengan adanya teknologi seperti
handphone , berkomunikasi tidak lagi menjadi masalah seperti 20 tahun
yang lalu.
Di Indonesia,perkembangan teknologi terasa
sangat pesat.Saat jaman dulu , masyarakat menggunakan telepon umum , surat ,
telegram dan fax untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berada di tempat
yang jauh.Pada saat itu masyarakat merasa sudah sangat tertolong dengan adanya
teknologi tersebut.Lalu saat memasuki tahun 2000,perkembangan teknologi
benar-benar terasa cepat.Orang – orang sudah mulai mengenal telepon genggam dan
mulai menggunakannya walau hanya segelintir orang yang mampu membelinya karena
harganya pada saat itu memang mahal.Dan pada saat itu internet juga sudah mulai
dikenal masyarakat walau kasusnya juga sama dengan telepon genggam,hanya
beberapa orang yang mampu merasakannya.
Sejak memasuki awal tahun 2000, di Indonesia
mulai terasa dampak dari globalisasi, dampak negative mapun dampak
positifnya.Berikut beberapa dampak yang terjadi pada saat itu.
Ciri –
ciri globalisasi yang terjadi di kehidupan masyarakat adalah sebagai berikut :
*Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu.
Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan
bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan
massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang
berbeda.
* Pasar dan
produksi ekonomi di
negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari
pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan
multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
*
Peningkatan interaksi kultural melalui
perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita
dan olah raga internasional). saat ini, kita dapat mengonsumsi dan mengalami
gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam
budaya, misalnya dalam bidangfashion, literatur, dan makanan.
* Meningkatnya
masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis
multinasional, inflasi regional dan lain-lain.
Beberapa penemuan zaman sekarang yang mulai
menunjukkan bahwa manusia suatu saat akan hidup berdampingan dengan robot dan
teknologi tingkat tinggi bisa kita jumpai pada masa kini.Beberapa negara
berlomba – lomba menciptakan teknologi paling canggih dan berguna bagi
manusia.Berikut beberapa penemuan manusia berkaitan dengan masa depan :
1) Asimo 2011 : Robot Humanoid tercanggih saat ini,atau
bisa juga dibilang robot humanoid tercanggih di dunia saat ini. Honda baru saja
mempertunjukkan robot Asimoversi tahun 2011 yang mempunyai kemampuan
serta fleksibilitas tinggi. Asimo yang
baru ini sekarang bisa lari lebih cepat (dengan kecepatan 9 km/jam),
berjingkat, menuangkan air minum, dan berinteraksi dengan manusia dengan
sendirinya. Robot dengan nama panjang "Advanced Step in Innovative MObility" ini pertama kali muncul
di publik pada tahun 2000. Kemunculannya telah mencuri perhatian orang di
seluruh dunia, termasuk para pesaing Honda, dan membuat kaget para pembuat
robot di negara-negara Barat.
2) EQUATOR-2G
merupakan sebuah robot yang berfungsi untuk melakukan proses evakuasi pada
bencana alam terlebih gempa.Mengapa robot kami lebih spesifik pada penanganan
gempa? Karena kalau diartikan secara harafiah nama robot ini ada lah robot
evakuasi gempa bumi seperti kita ketahui Indonesia merupkan sebuah negara yang
amat strategis, berada di antara 2 samudera dan 2 benua. Selain di apit oleh 2
benua dan.. . .samudra Indonesia juga di apit oleh 2 sirkum
gunung berapi yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik selain sirkum gunung
berapi Indonesia juga tersusun atas lempeng tektonik yaitu lempeng pasifik,
indo-australia, dan eurasia yang merupakan pembentuk Indonesia sendiri. Oleh
sebab itu tidaklah heran jika Indonesia sering kali di guncang oleh gempa-gempa
dahsyat baik itu gempa tektonis, vulkanis maupun seismis yang disebabkan oleh
tenaga endogen yang masih aktif. Oleh karena itulah kami mendapat sebuah ide
untuk membuat sebuah robot yang memiliki fungsi untuk melakukan proses evakuasi
gempa untuk membantu tim SAR yang berupaya untuk mengevakuasi para korban di
zona gempa.
3) AIDA
(Affective Intelligent Driving Agent) yaitu sebuah robot yang akan menemani
anda dalam perjalanan. AIDA yang terintegrasi dengan
banyak komponen dalam mobil dan juga GPS (Car Navigation) akan membantu anda
dalam banyak hal dari urusan jalanan macet sampai waktu makan dan belanja.Sebagai
robot, AIDA akan mempelajari seluruh kebiasaan yang anda lakukan mulai dari
rute perjalanan yang sering digunakan, restoran yang sering dikunjungi sebelum
pulang ke rumah dari kantor, tempat pengisian bensin (SPBU) dan lainnya.Semakin
lama AIDA berada di mobil anda maka AIDA akan semakin pintar dan mengenal anda.
Misalnya, anda sering melewati suatu daerah sebelum pulang ke rumah dari kantor
maka AIDA otomatis akan menampilkan rute ke area tersebut pada saat anda
memasuki mobil.dari segi bentuk, mungkin kita akan berpikir robot E-Wall karena
memang mirip dimana AIDA akan memproyeksi sebuah bentuk mata yang bisa
berubah-rubah ekspresinya. . . .
4) AIBO (Artificial
Intelligence Robot, juga berarti "sobat" dalam bahasa Jepang)
adalah salah satu dari beberapa jenis robot hewan yang
dirancang dan diproduksi oleh Sony; saat ini sudah ada
beberapa model yang berbeda sejak mulai diperkenalkan pada 11 Mei 1999. Pengembangan AIBO
telah dihentikan pada tahun 2006. . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . .
5) Mamoru si Robot Pengasuh Manula. Mamoru (yang artinya untuk
melindungi) adalah sebuah robot yang dibuat oleh Robot Technology Research
Initiative (IRT), Jepang.Mamoru yang bentuknya seperti seorang nenek memang
bertugas untuk membantu orang tua atau cacat fisik, untuk menemukan barang
dimana mereka lupa meletakkannya seperti remote control TV, kacamata sampai mengingatkan
anda bila waktunya makan obat.Dengan menggunakan kamera jenis "wide
angle", Mamoru akan mengambil foto semua barang di setiap sudut rumah dan
software di dalamnya akan mengenali dan mengingat lokasi setiap barang yang
difoto. . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . .
6) Mint Robot #3 adalah robot pemutar musik portabel yang
akan mengikuti kemanapun anda pergi.
Mint Robot #3 adalah
sebuah robot pemutar musik pertama di dunia yang bisa mengikuti kemanapun anda
pergi sehingga kita bisa terus mendengarkan musik tanpa repot harus dibawa/
dipindah-pindah.Pemutar musik ini punya roda yang bentuknya seperti roda tank
yang mampu berjalan di sehala medan dan juga sensor untuk menghindari halangan
yang ada di depannya.Mint Robot #3 juga dilengkapi dengan sebuah remote control
dengan koneksi Wi-Fi yang bisa mengontrol robot ini. Dan berarti pada saat kita
di tempat lain, kita bisa "memanggil" si robot ini untuk datang.Dan
bila anda punya 2 buah Mint Robot #3 ini maka keduanya dapat memainkan musik
dengan suara surround atau suara yang lebih berdimensi, misal yang satu hanya
mengeluarkan suara vokal saja dan satunya lagi mengeluarkan suara musik. . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. .
referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar