links

Jumat, 18 April 2014

Kalimat Deduktif dan Induktif


Sebuah paragraf pada dasarnya tersusun dari dua materi, yakni materi yang memiliki cakupan secara umum dan lainnya yaitu cakupan khusus. Dengan begitu, muncul 2 pola pengembangan paragraf, yakni pola umum - khusus (deduktif) dan khusus - umum (induktif).

Berdasarkan letak kalimat utamanya, maka perbedaan antara paragraf deduktif dan induktif bisa diketahui.

a. Paragraf Deduktif

- Kalimat deduktif adalah pernyataan yang dimiliki dengan mengemukakan hal yang umum kemudian disusun dengan uraian yang khusus. Gagasan utama terdapat pada awal kalimat.

- Kalimat induktif adalah kalimat yang dimulai mengemukakan hal-hal yang khusus kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang umum. Gagasan utama terletak pada akhir kalimat.

- Contoh Paragagraf Deduktif :

Pada masa kini banyak rumah sakit dibangun, baik rumah sakit negeri maupun swasta. Maraknya pembangunan rumah sakit tersebut diperkirakan lantaran adanya izin pembangunan rumah sakit yang relatif mudah. Rumah sakit negeri yang ada di daerah tertinggal memiliki jumlah yang jauh lebih banyak daripada swasta. Hal ini masuk akal karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti faktor sosial, finansial, asal-muasal adanya dokter, dan faktor lainnya.

b. Paragraf Induktif

- Kalimat induktif adalah kalimat yang dimulai mengemukakan hal-hal yang khusus kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang umum. Gagasan utama terletak pada akhir kalimat.

- Ciri-ciri kalimat induktif adalah bisa berupa pendapat, pernyataan, definisi dan kesimpulan letaknya diakhir paragraph.

- Contoh Paragraf Induktif

Pemerintah mendirikan rumah sakit di berbagai tempat, baik di perkotaan maupun di perdesaan. Dana yang dibutuhkan tentu tidak sedikit. Dalam bidang pendidikan, pemerintah mengusahakan kualitas sehingga kurikulum mengalami perubahan hingga menetapkan program KTSP. Dalam bidang ekonomi, Indonesia tampak jauh tertinggal karena dengan angka-angka yang ada Indonesia masih memiliki hutang luar negeri yang jumlahnya tidak sedikit. Bidang-bidang lainnya juga masih butuh penanganan yang serius. Memang tugas pemerintah Indonesia sangat berat.



Sumber : http://www.limaratus.com/2013/08/perbedaan-dan-contoh-paragraf-deduktif.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar