links

Jumat, 30 Maret 2012

SEJARAH TIMBULNYA BERBAGAI MACAM KEBUDAYAAN DAERAH

SEJARAH TIMBULNYA BERBAGAI MACAM KEBUDAYAAN DAERAH

Indonesia memiliki aneka ragam kebudayaan, mulai dari bahasa, seni, adat, tarian, dan masakan khas dari daerah  masing-masing yang sudah ada sejak dahulu. Dan seiring perkembangan zaman mulai bermuncullah budaya budaya baru seperti budaya terlambat, budaya bebas bicara, dan lainnya. Tapi, banyak budaya yang sejak dahulu hingga sekarang masi tetap bertahan dan dikenal dunia, salah satunya tari saman.
Tari saman sudah termasuk ke dalam kategori seni tari yang sangat menarik. Keunikan tari saman ini terletak pada kekompakan gerakannya yang sangat menakjubkan. Para penari saman dapat bergerak serentak mengikuti irama musik yang harmonis dan dinamis. Gerakan-gerakan yang dilakukan penari sangat teratur seolah digerakkan satu tubuh, mereka terus menari dengan kompak, mengikuti irama lagu yang dinamis. Sangat menarik, Tidak salah jika tari saman banyak memikat hati para penikmat seni tari. Bukan hanya dari Indonesia, tetapi juga dari mancanegara.
Tarian ini di namakan Saman karena diciptakan oleh seorang Ulama Aceh bernama Syekh Saman pada sekitar abad XIV Masehi, dari dataran tinggi Gayo. Pada  mulanya, tarian ini hanyalah berupa permainan rakyat yang dinamakan Pok Ane. Namun, kemudian ditambahkan iringan syair-syair yang berisi puji-pujian kepada Allah SWT, dan diiringi pula oleh kombinasi tepukan-tepukan para penari penari. Saat itu, tari saman menjadi salah satu media dakwah.
Tari Saman memiliki makna dan fungsi untuk dijadikan sebagai media dakwah agama islam. Sebelum tari saman dimulai, tampil pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat. Pemuka adat memberikan nasehat-nasehat yang berguna kepada para pemain dan penonton. Syair-syair yang di lantunkan dalam tari Saman juga berisi petuah-petuah dan dakwah.
Tarian yang menggunakan dua unsur gerak yang menjadi unsur dasar dalam tarian saman: Tepuk tangan dan tepuk dada. Diduga, ketika menyebarkan agama Islam, syeikh saman mempelajari tarian melayu kuno, kemudian menghadirkan kembali lewat gerak yang disertai dengan syair-syair dakwah Islam demi memudahkan dakwahnya. Dalam konteks kekinian, tarian ritual yang bersifat religius ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui pertunjukan-pertunjukan.
Tentu saja kita sangat bangga akan budaya Indonesia, seperti tari saman ini, tidak hanya masyarakat Indonesia yang tahu tarian ini, tetapi masyarakat luar negeri pun juga ikut kagum atas seni dan budaya ini. Membahas  soal Tari Saman, tari ini merupakan kebudayaan tradisional yang samapai sekarang masih digemari oleh banyak kalangan. Kebudayaan ini masih bertahan hingga saat ini. Dan sebagian orang menggunakan tari ini untuk hiburan pada saat acara acara tertentu. Sejalan dengan timbulnya banyak kebudayaan tari saman masih tetap menjadi salah satu kebudayaan yang digemari oleh banyak kalangan karena kesenian ini sangat indah dan unik.
Inilah yang membuat tari saman masih tetap menjadi seni kebudayaan yang sangat digemari karena pada syair syair tarian ini terdapat petuah petuah dan dakwah.
Menurut saya tari saman merupakan kesenian yang unik yang mampu bertahan hingga sampai saat ini. Ini adalah perjuangan bagi orang yang menyukai tari saman dan terus melestarikannnya hingga saat ini. Walaupun banyak kebudayaan luar yang mempengaruhi kebudayaan indonesia namun kesenian ini masih tetap dicintai oleh para penikmatnya.

Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar