links

Kamis, 20 Oktober 2011

PROGRAM DIRI

Tahukah anda, apa yang dimaksud dengan program diri? Menurut artikel yang saya baca, program diri adalah suatu bentuk perilaku yang menggunakan pikirannya yang positif dalam melakukan suatu hal dengan kegiatan yang sudah direncanakan secara teratur dan tersusun, sehingga dapat mencapai tujuannya dan memenuhi kewajibannya. Program diri merupakan hal yang sudah di pelajari sejak kecil secara tidak langsung, misalnya dari seorang ibu terhadap anaknya dalam mendidiknya. Anak yang diajari oleh ibunya bagamana bersosialisasi, mengerajakan tugasnya, mengatur jadwalnya untuk memenuhi kebutuhannya sebagai anak atau pelajar. Sehingga anak tersebut akan terbiasa oleh keisiplinan yang sudah diterapkan ibunya dalam mencapai tujuannya dan anak tersebut akan berprestasi jika hal tersebut bertahanan hingga dia dewasa.

Manusia adalah makhluk yang selalu menginginkan keberhasilan dalam hidupnya .tetapi mereka terkadang malas untuk melakukan hal yang dapat menjadikan hidup mereka sukses. Ada sebagian dari mereka melakukan hal yang tidak jujur untuk mencapai tujuannya dan ada pula orang yang mengerjakan sesuatu dengan jujur . pada dasarnya hal tersebut sudah menjadi kebiasaan di negara Indonesia yang tercinta ini.
Program diri merupakan hal sudah di lupakan oleh orang banyak . karena mereka menganggap bahwa hidup itu kita jalani saja tanpa harus ada visi misi yang harus di selesaikan. Akibatnya , dalam kehidupan mereka tidak memiliki tujuan pasti dan mereka pun akhirnya menjadi sampah masyarakat dan membebani orang lain dan mengganggu orang yang di sekitarnya. Padahal dalam hidup harus ada tujuan hidup , apa yang harus di kerjakan pada hari ini dan masa depan.

Sedangkan saya sendiri juga mempunyai program diri selama delapan semester kuliah, saya memeliki target yang harus dicapai.

Program saya dimulai dari semester satu adalah saya harus rajin mengikuti perkuliahan (proses belajar), dapat mengerjakan tugas tugas yang diberikan dosen, saya harus bisa mengerti setiap materi yang diajarkan, berusaha untuk mendapatkan nilai yang bagus untuk setiap kuis, ujian tengah semester (UTS) dan pada saat ujian akhir semester (UAS).

Pada semester dua saya ingin memiliki hasil yang lebiih bagus lagi dari pada semester satu. Jika pada semester satu ada nilai-nilai yang tidak memuaskan, saya akan berusaha untuk meningkatkannya, saya harus bisa menjad lebih baik dari sebelumnya.

Begitu juga dengan semester tiga dan empat, saya harus berkonsentrasi lagi dalam mengikuti perkuliahan, saya menekankan dalam diri saya untuk serius belajar,agar mendapatkan hasil yang memuaskan.
Selanjutnya pada semester lima dan enam, sama seperti semester satu, dua, tiga, dan empat saya sudah harus mengerti bagaimana cara membuat dan menjalankan program.

Semester tujuh saya berharap sudah mahir membuat dan menjalankan program dan telah menguasai materi materi dari semester satu.

Terakhir, pada saat semester delapan saya ingin dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu, lancar pada saat sidang,dan bisa mendapatkan ip (indeks prestasi) diatas 3,5. Dan tentunya setelah tamat saya berharap bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang saya miliki.

Dari artikel yang saya baca, banyak sekali keuntungan yang dimiliki oleh orang yang memprogram dirinya. Banyak sekali pebedaan yang nyata antara seseorang yang memprogram dirinya dengan orang yang acuh terhadap program diri :

1. Orang yang memprogram dirinya akan berpikir ke depan atas tujuan hidupnya sedangkan orang yang tidak berprogram diri mereka hanya akan menjalankan hidup mereka tanpa tujuan pasti dan tidak fokus terhadap visi misinya.
2. Orang yang memprogram dirinya akan berpikiran positif dalam meghadapi masalahnya , dan optimis dalam menyelesaikannya sedangkan orang yang tidak memprogram dirinya mereka akan cenderung menghindar dari masalah dan tidak mau tahu cara menyelesaikan masalah serta pesimis terhadapnya.
3. Orang yang memprogram dirinya akan memiliki semangat dalam melaksankan tugas dan kewajibannya sedangkan orang yang tidak memprogram diri mereka menjalankan tugasnya sebagai beban yang berat dan malas untuk diselesaikan.
4. Orang yang memprogram dirinya akan tidak putus asa jika dia gagal dalam tugasnya sedangkan orang yang tidak mengembangkan diri mereka akan berptus asa dalam menjalankan tugasnya.
5. Orang yang memprogram diri akan selalu hati hati dalam melakukan tugasnya sedangkan orang yang tidak memprogram diri akan mengerjakan sesuatu tidak dengan serius.
Masih banyak lagi manfaat dari memprogram diri yang belum disebutkan ,karena program diri memiliki manfaat yang besar .bahkan, apabila kita semua memprogram diri maka akan berkemungkinan besar negara Indonesia hidup sejahtera dan masalah ekonomi, politik, dll teratasi dengan baik.
Cara memprogram diri dengan baik yaitu :
1. Mengubah pola pikir
Dengan mengubah pola pikir kita menjadi lebih dewasa dan bijak seseorang akan mudah merubah kemauannya dalam menjalankan tugasnya dan kewajibannya
dengan senang hati , dan mereka juga harus mengubah pikiran alam bawah sadarnya menjadi sesuatu tujuan yang ingin mereka capai.
2. Berpikiran positif
Orang yang tidak berpikiran positif atau berputus asa dalam melakukan tugasnya maka orang tersebut di anggap gagal memprogram dirinya menjadi lebih baik, sehingga mereka termasuk orang yang kurang beruntung dalam menghadapi permasalahan hidupnya. Jadi jika dihadapkan pada satu masalah berusahalah untuk berfikiran positif.
3. Disiplin
Tanpa disiplin maka sia sia seseorang yang telah menjadwalkan tugasnya tetapi dia tidak mengerjakannya, karena itu sama saja dengan membuang- buang waktu, jika tidak pernah menghagai waktu nantinya akan timbul penyesalan di dalam diri. Dan disiplin juga dapat mempertahankan komitmen yang ada dalam mengerjakan tugas sehingga tujuan kesuksesan tercapai dengan baik.
4. Visioner
Visioner adalah orang yang mau memikirkan masa depan. Misi misi yang perlu di capai sehingga orang tersebut mau untuk memikirkan masa depan adalah dengan menjalankan 3 komponen yang penting di atas yaitu merubah pola pikir, disiplin, dan berpikir positif.
5. Mengembangkan diri
Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dilakukan dengan cara sendiri atau mandiri. Orang yang memprogram diri tentu dia membutuhkan ilmu untuk menyelesaikan masalhnya. Jika dia tidak memiliki ilmu dan wawasan yang luas tentu akan sulit untuk menyelesaikan masalah. Maka, tidak ada salahnya kita mengikuti kata pepatah “tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri cina”.

Untuk mencapai apa yang kita mau kita harus tahu siapa diri kita dan apa yang kita punya untuk mencapai tujuan itu. Dari sanalah kita bisa menyiapkan diri dengan berdoa, belajar, berusaha, dan bekerja. Kita tidak boleh mudah putus asa untuk mencapai masa depan yang kita inginkan, dan jangan pernah untuk takut gagal sebelum berjuang, kita juga harus menghilangkan sifat besar kepala, percaya diri yang berlebihan atau sombong, karena hal tersebut tidak akan ada gunanya.
http://noshagustinugraha.wordpress.com/2011/10/13/program-diri/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar