links

Jumat, 29 Juni 2012

sosial budaya




SOSIAL BUDAYA

Kita hidup di dunia ini bergantung pada kemampuan untuk beradaptasi terhadap lingkungan. Akan tetapi berbeda dengan kehidupan lainnya, kita sebagai manusia membina hubungan dengan lingkungan secara aktif. Kita  tidak sekedar mengandalkan hidup kita pada kemurahan lingkungan hidup. Dalam memenuhi kebutuhan hidup kita mengelola lingkungan dan mengolah sumberdaya alam secara aktif sesuai dengan keinginan.

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Di Indonesia setiap daerah memiliki beraneka ragam budaya yang unik dan khas, seperti daerah Sumatera Barat yang menggunakan bahasa minang sebagai bahasa sehari-hari, lain halnya dengan Sumatera Utara yang menggunakan bahasa batak.

Kemampuan manusia membina hubungan dengan lingkungan secara aktif itu telah membuka peluang bagi pengembangan berbagai bentuk organisasi dan kebudayaan menuju peradaban. Sebagai perwujudannya adalah adaptasi kelompok sosial terhadap lingkungan setempat maupun karena kecepatan perkembangannya.

Indonesia adalah salah satu bangsa yang terdapat di Asia. Kehidupan di Indonesia memiliki potensi alam dan kebudayaan yang sangat tinggi, sehingga Indonesia tidak hanya dikenal dalam hal budaya dan potensi alam saja melainkan juga dalam hal pola kehidupan semua masyarakatnya. Kebudayaan Indonesia dapat didefinisikan sebagai seluruh kebudayaan lokal yang telah ada sebelum diresmikannya Indonesia pada tahun 1945. Seluruh kebudayaan lokal yang berasal dari kebudayaan beraneka ragam suku-suku di Indonesia merupakan bagian integral daripada kebudayaan Indonesia.

Walaupun kebudayaan Indonesia beraneka ragam, namun pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya seperti kebudayaan Tionghoa, kebudayaan India, dan kebudayaan Arab. Di Indonesia terdiri dari lima agama besar, yaitu: Islam, Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha. Agama di Indonesia memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Dalam UUD 1945 dinyatakan bahwa “tiap-tiap penduduk diberikan kebebasan untuk memilih dan mempraktikkan kepercayaannya” dan “menjamin semuanya akan kebebasan untuk menyembah, menurut agama atau kepercayaannya”. Pemerintah secara resmi hanya mengakui lima agama, yakni Islam, Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha.

Dengan banyaknya agama atau aliran kepercayaan yang ada di Indonesia, konflik antar agama sering kali tidak terelakkan. Bukan berarti bahwa selalu terjadi penekanan terhadap agama lain. Namun hal ini mulai berkurang semenjak demokrasi di Indonesia mulai ditegakkan.

Kita berharap semoga tidak ada lagi perpecahan – perpecahan yang terjadi di Indonesia, dan kita sebagai warga negara dapat bersatu untuk mempertahankan negara ini agar tidak mudah di adu domba.

Referensi:


2 komentar:

  1. Thanks atas informasinya.

    ZN
    http://www.trainingauditor.co.id

    BalasHapus
  2. Thanks atas informasinya.

    ZN
    http://www.trainingauditor.co.id

    BalasHapus