links

Jumat, 02 Mei 2014

COKLAT



Coklat menjadi cemilan yang sangat disukai mulai dari anak- anak, remaja, dewasa hingga manula karena rasanya yang manis. Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan memakan coklat dapat menghilangkan stres, dan coklat juga melambangkan rasa kasih sayang. Berikut akan dibahas sejarah singkat coklat.
Para ahli botani menyetujui bahwa pohon coklat atau kakao telah tumbuh di daerah Amazon dan suku Maya yang pertama kali mengolah pohon coklat sejak ribuan tahun yang lalu. Kebiasaan ini kemudian juga dibawa saat mereka pindah ke dataran Yukatan dari lembah Orinoko.
Bangsa Aztek lalu mulai memperkenalkan coklat sebagai minuman yang pahit yang diminum oleh kaisar Aztek bernama Montezuma, bisa menghabiskan lebih dari 50 cangkir minuman coklat dalam sehari. Minuman coklat yang disajikan, merupakan olahan biji coklat diolah dengan ditambah campuran jagung atau anggur yang telah dilakukan fermentasi, kemudian  disajikan pada cangkir yang terbuat dari emas.
Kemudian pada masa penjajahan Spanyol, seseorang bernama Hernan Cortes, (1485-1547) ketika melihat wilayah tersebut, pada awalnya tertarik terhadap cangkir emas untuk menyajikan minuman coklat dari pada isinya. Namun kemudian dia juga mengamati bahwa bagaimana Bangsa Aztec, menggunakan kakao atau biji coklat sebagai uang. Kemudian dia mendirikan banyak perkebunan coklat yang disebut sebagai “emas berwarna coklat”.
Lalu perkembangan pada perkebunan coklat ini membuat coklat dan digemari, maka dari itu bangsa Spanyol mengendalikan perdagangan coklat pada awal perkembangannya ketika, abad ke-18. Kemudian coklat diperkenalkan ke daratan Eropa dan dijadikan bahan campuran kue. Mulai pertengahan abad 19, Swiss melakukan pengembangan dan memasarkan coklat sebagai makanan ringan dan sampai sekarang menjadi penghasil coklat terbaik.
Jenis jenis Coklat :
1. Couverture
Cokelat couverture merupakan jenis coklat murni terbaik dengan persentase lemak kakaonya yang tinggi, sehingga menghasilkan rasa coklat yang sangat baik. Biasanya digunakan untuk pembuatan produk coklat buatan tangan dan biasanya sebelum digunakan, coklat ini harus melalui proses untuk melelahkan terlebih dahulu.
 2. Coklat tawar
Cokelat tawar baik digunakan untuk pembuatan kue dan aneka makanan ringan lainnya contohnya, untuk membuat donat. Mengandung persentase massa kakao yang bervariasi, antara 30 sampai 70 persen. Konsentrasi massa kakao yang tinggi akan membuat rasanya semakin baik.
 3. Cokelat susu
Coklat susu merupakan campuran gula, kakao, cokelat cair, susu, dan vanila. Massa kakao di dalamnya juga cukup rendah, hanya sekitar 20 persen dan rasanya lebih manis dibandingkan cokelat tawar.
4. Cokelat putih
Coklat putih, umumnya tidak mengandung massa kakao yang tinggi karena selain bisa dikonsumsi langsung, coklat putih sering dipakai untuk dekorasi. Cokelat ini terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili yang tidak mengandung cokelat padat sehingga membuatnya mudah hangus, dan butuh dimasak dengan hati-hati.
 5. Kakao
Kakao adalah produk coklat yang terbuat dari massa kakao coklat yang bagian lemak kakaonya dipisahkan. Produk ini termasuk mudah untuk diolah dengan ekonomis.
 Itulah sejarah singkat coklat, semoga bermanfaat..





Tidak ada komentar:

Posting Komentar